Sabtu, 17 November 2018

contoh rpp getaran harmonis sederhana

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran
:
Fisika
Kelas
:
XI
Semester
:
2
Alokasi Waktu
:
2 X 45 menit (3 Pertemuan)
Hari/Tanggal
:

A.   
KOMPETENSI INTI
KI-1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.*)
KI-2
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. *)
KI-3
Memahami, menerapkan, dan menganilisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI-4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, serta mampu menggunakan metoda sesuai dengan kaidah keilmuan.
*) dicapai melalui pembelajaran tidak lansung (indirect teaching), yaitu teladan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.






B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi Dasar
Indikator
1.      Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.      Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik gerak pada benda titik dan benda tegar, fenomena fluida, dan fenomena gas.
2.      Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam berdiskusi.
1.      Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3.      Menganalisis hubungan antara gaya dan getaran dalam kehidupan sehari-hari
1.  Siswa dapat menjelaskan pengertian getaran harmonik sederhana.
2.  Siswa dapat membedakan periode dengan frekuensi.
3.  Siswa dapat menjelaskan persamaan pada pada getaran harmonis sederhana.
4.  Siswa dapat menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi besar periode dan frekuensi getaran pegas.
5.  Siswa dapat menentukan hubungan antara massa beban terhadap besar periode dan frekuensi getaran.
6.  Siswa dapat menentukan hubungan konstanta pegas terhadap besar periode dan frekuensi getaran pegas.
7.  Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh getaran harmonis sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Melakukan percobaan getaran harmonis pada ayunan sederhana dan atau getaran pegas berikut presentasi hasil percobaan serta makna fisisnya.
1.    Melakukan percobaan getaran harmonis pada ayunan bandul dan getaran pegas.
2.    Membuat grafik berdasarkan hasil percobaan.
3.    Menyajikan hasil analisa data hubungan massa beban dengan terhadap besar periode dan frekuensi getaran pegas dalam bentuk table dan grafik.
4.    Mempresentasikan hasil analisa data didepan kelas.
C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari Getaran Harmonis Sederhana, peserta didik dapat:
1.      Mendeskripsikan karakteristik getaran harmonis sederhana pada getaran pegas.
2.      Menjelaskan hubungan massa beban dan konstanta pegas terhadap periode dan frekuensi getaran pegas berdasarkandata pengamatan.
3.      Menghitung konstanta pegas.
D.    MATERI PEMBELAJARAN
Gerak harmonis sederhana
E.     METODE/PENDEKATAN PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan                : Saintifik
2.      Metode                       : Tanya jawab, demonstrasi, eksperimen dan diskusi.
3.      Model                         : Inkuiri Terbimbing
F.     LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama : gaya pemulih pada gerak harmonic sederhana
Fase
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Fase 1
Menyajikan Pertanyaan atau masalah

Pendahuluan
1.      Mengucapkan salam pembuka dan menanyakan kabar siswa
2.      Guru meminta perwakilan memimpin doa
3.      Guru memeriksa kehadiran siswa
4.      Guru mengumpulkanugas pada pertemuan sebelumnya (jika ada)
5.      Motivasi dan apersepsi
-          Guru mengingatkan kembali mengenai materi yang telah dipelajari minggu lalu
6.      Guru mengajukan pertanyaan terkait dengan demonstrasi yang dilakukan:
-          Apakah kalian pernah melihat benda yang bergetar dalam kehidupan sehari-hari?
-          Apa saja contoh benda yang bergetar.
7.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran tentang fluida dinamik.
15 menit

Fase 1
Observasi untuk menemukan masalah

Kegiatan Inti
Mengamati:
1.      Guru menyajikan fenomena-fenomena yang terkait dengan getaran harmonis.
2.      Siswa menanggapi yang demonstrasi disajikan guru
60 menit
Fase 2
 Merumuskan masalah

Menanya :
1.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya setelah mengamati demonstrasi getaran harmonis.
2.      Guru menjawab pertanyaan siswa.
3.      Guru membimbing siswa merumuskan masalah penelitian berdasarkan kejadian dan fenomena yang disajikan.
4.      Siswa merumuskan hasil penelitian melalui bertanya berdasarkan kejadian dan fenomena yang disajikan.
Fase 3
Mengajukan hipotesis
5.      Guiru membimbing siswa untuk mengajukan hipotesis terhadap masalah yang telah dirumuskannya.
Fase 4
Merencanakan pemecahan masalah (melalui eksperimen atau cara lain)
Mengeksplorasi / Eksperimen :
1.      Siswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk melakukan eksperimen dengan prosedur pada LKS tentang gerak harmonis sederhana..
Fase 5
Melaksanakan eksperimen (atau cara pemecahan masalah yang lain)
2.      Guru membimbing siswa untuk merencanakan pemecahan masalah, membantu menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dan menyusun prosedur kerja yang tepat.
3.      Guru menilai sikap peserta didik dalam eksperimen secara kelompok tentang bagaiman menggunakan alat, kinerja dan membimbing/menilai keterampilan ilmiah, keterampilan berpikirdan bekerjasama dalam kelompok.
4.      Guru membimbing dan memfasilitasi siswa selama eksperimen berlangsung.
Fase 6
Melakukan pengamatan dan pengumpulandata
5.      Guru membantu kelompok siswa melakukan pengamatan tentang hal-hal yang penting dan membantu mengumpulkan dan mengorganisasi data.
Fase 7
Analisis data
6.      Guru membantu siswa menganalisis data supaya menemukan sustu konsep.
7.      Siswa secara berkelompok mendiskusikan hasil percobaan dan merumuskan kesimpulan.
8.      Guru menilai kemampuan siswa mengolah data dan merumuskan kesimpulan.
Fase 8
Penarikan kesimpulan dan penemuan
Mengkomunikasikan :
1.      Guru membimbing siswa mengambil kesimpulan berdasarkan data dan menemukan sendiri konsep yang ingin ditanamkan.
2.      Guru menunjuk salah satu siswa dari perwakilan kelompok mempresentasikan hasil eksperimen.
3.      Guru memberikan masukan dan penguatan materi terhadap hasil yang didapatkan serta guru menilai kemampuan siswa berkomunikasi lisan.

Pentutup
1.      Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat kesimpulan pembelajaran.
2.      Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
3.      Guru menginformasikan materi yang akan dipelajari selanjutnya.
4.      Menutup pertemuan dengan salam.
15 menit
Pertemuan Kedua : Periode dan Frekuensi Gerak Harmonis Sederhana
Fase
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Fase 1
Menyajikan Pertanyaan atau masalah

Pendahuluan
1.      Mengucapkan salam pembuka dan menanyakan kabar siswa
2.      Guru meminta perwakilan memimpin doa
3.      Guru memeriksa kehadiran siswa
4.      Guru mengumpulkanugas pada pertemuan sebelumnya (jika ada)
5.      Motivasi dan apersepsi
-          Guru mengingatkan kembali mengenai materi yang telah dipelajari minggu lalu
6.      Guru mengajukan pertanyaan terkait dengan materi  yang dilakukan:
-          Apakah kalian pernah melihat benda yang bergetar dalam kehidupan sehari-hari?
-          Apa saja contoh benda yang bergetar.
7.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran tentang fluida dinamik.
15 menit

Fase 1
Observasi untuk menemukan masalah

Kegiatan Inti
Mengamati:
3.      Guru menyajikan fenomena-fenomena yang terkait dengan getaran harmonis.
4.      Siswa menanggapi yang demonstrasi disajikan guru
60 menit
Fase 2
 Merumuskan masalah

Menanya :
6.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya setelah mengamati demonstrasi getaran harmonis.
7.      Guru menjawab pertanyaan siswa.
8.      Guru membimbing siswa merumuskan masalah penelitian berdasarkan kejadian dan fenomena yang disajikan.
9.      Siswa merumuskan hasil penelitian melalui bertanya berdasarkan kejadian dan fenomena yang disajikan.
Fase 3
Mengajukan hipotesis
10.  Guiru membimbing siswa untuk mengajukan hipotesis terhadap masalah yang telah dirumuskannya.
Fase 4
Merencanakan pemecahan masalah (melalui eksperimen atau cara lain)
Mengeksplorasi / Eksperimen :
9.      Siswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk melakukan eksperimen dengan prosedur pada LKS tentang gerak harmonis sederhana..
Fase 5
Melaksanakan eksperimen (atau cara pemecahan masalah yang lain)
10.  Guru membimbing siswa untuk merencanakan pemecahan masalah, membantu menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dan menyusun prosedur kerja yang tepat.
11.  Guru menilai sikap peserta didik dalam eksperimen secara kelompok tentang bagaiman menggunakan alat, kinerja dan membimbing/menilai keterampilan ilmiah, keterampilan berpikirdan bekerjasama dalam kelompok.
12.  Guru membimbing dan memfasilitasi siswa selama eksperimen berlangsung.
Fase 6
Melakukan pengamatan dan pengumpulandata
13.  Guru membantu kelompok siswa melakukan pengamatan tentang hal-hal yang penting dan membantu mengumpulkan dan mengorganisasi data.
Fase 7
Analisis data
14.  Guru membantu siswa menganalisis data supaya menemukan sustu konsep.
15.  Siswa secara berkelompok mendiskusikan hasil percobaan dan merumuskan kesimpulan.
16.  Guru menilai kemampuan siswa mengolah data dan merumuskan kesimpulan.
Fase 8
Penarikan kesimpulan dan penemuan
Mengkomunikasikan :
4.      Guru membimbing siswa mengambil kesimpulan berdasarkan data dan menemukan sendiri konsep yang ingin ditanamkan.
5.      Guru menunjuk salah satu siswa dari perwakilan kelompok mempresentasikan hasil eksperimen.
6.      Guru memberikan masukan dan penguatan materi terhadap hasil yang didapatkan serta guru menilai kemampuan siswa berkomunikasi lisan.

Pentutup
5.      Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat kesimpulan pembelajaran.
6.      Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
7.      Guru menginformasikan materi yang akan dipelajari selanjutnya.
8.      Menutup pertemuan dengan salam.
15 menit


full dokumen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar