RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran
|
:
|
Fisika
|
Kelas
|
:
|
XI
|
Semester
|
:
|
2
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X
45 menit
(3 Pertemuan)
|
Hari/Tanggal
|
:
|
A.
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI INTI
KI-1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.*)
|
KI-2
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia. *)
|
KI-3
|
Memahami, menerapkan, dan menganilisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
|
KI-4
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, serta mampu menggunakan metoda sesuai dengan kaidah keilmuan.
*) dicapai
melalui pembelajaran tidak lansung (indirect teaching), yaitu teladan,
pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
|
B.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1. Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
|
1. Menyadari
kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik gerak pada benda titik dan benda
tegar, fenomena fluida, dan fenomena gas.
|
2. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif;
jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka;
kritis; kreatif; inovatif dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam berdiskusi.
|
1. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
|
3. Menganalisis
hubungan antara gaya dan getaran dalam kehidupan sehari-hari
|
1. Siswa
dapat menjelaskan pengertian getaran harmonik sederhana.
2. Siswa
dapat membedakan periode dengan frekuensi.
3. Siswa
dapat menjelaskan persamaan pada pada getaran harmonis sederhana.
4. Siswa
dapat menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi besar periode dan frekuensi
getaran pegas.
5. Siswa
dapat menentukan hubungan antara massa beban terhadap besar periode dan
frekuensi getaran.
6. Siswa
dapat menentukan hubungan konstanta pegas terhadap besar periode dan
frekuensi getaran pegas.
7. Siswa
dapat menyebutkan contoh-contoh getaran harmonis sederhana dalam kehidupan
sehari-hari.
|
4. Melakukan percobaan getaran harmonis pada
ayunan sederhana dan atau getaran pegas berikut presentasi hasil percobaan
serta makna fisisnya.
|
1. Melakukan
percobaan getaran harmonis pada ayunan bandul dan getaran pegas.
2. Membuat
grafik berdasarkan hasil percobaan.
3. Menyajikan
hasil analisa data hubungan massa beban dengan terhadap besar periode dan
frekuensi getaran pegas dalam bentuk table dan grafik.
4. Mempresentasikan
hasil analisa data didepan kelas.
|
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari Getaran
Harmonis Sederhana, peserta didik dapat:
1. Mendeskripsikan
karakteristik getaran harmonis sederhana pada getaran pegas.
2. Menjelaskan
hubungan massa beban dan konstanta pegas terhadap periode dan frekuensi getaran
pegas berdasarkandata pengamatan.
3. Menghitung
konstanta pegas.
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
Gerak harmonis sederhana
E.
METODE/PENDEKATAN
PEMBELAJARAN
1. Pendekatan
: Saintifik
2. Metode
: Tanya jawab, demonstrasi,
eksperimen dan diskusi.
3. Model
: Inkuiri
Terbimbing
F.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Pertemuan
Pertama : gaya pemulih pada gerak harmonic sederhana
Fase
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu
|
Fase 1
Menyajikan Pertanyaan
atau masalah
|
Pendahuluan
1. Mengucapkan
salam pembuka dan menanyakan kabar siswa
2. Guru
meminta perwakilan memimpin doa
3. Guru
memeriksa kehadiran siswa
4. Guru
mengumpulkanugas pada pertemuan sebelumnya (jika ada)
5. Motivasi
dan apersepsi
-
Guru
mengingatkan kembali mengenai materi yang telah dipelajari minggu lalu
6. Guru
mengajukan pertanyaan terkait dengan demonstrasi yang dilakukan:
-
Apakah
kalian pernah melihat benda yang bergetar dalam kehidupan sehari-hari?
-
Apa
saja contoh benda yang bergetar.
7. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran tentang fluida dinamik.
|
15
menit
|
Fase
1
Observasi
untuk menemukan masalah
|
Kegiatan
Inti
Mengamati:
1. Guru
menyajikan fenomena-fenomena yang terkait dengan getaran harmonis.
2. Siswa
menanggapi yang demonstrasi disajikan guru
|
60
menit
|
Fase 2
Merumuskan masalah
|
Menanya :
1. Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya setelah mengamati
demonstrasi getaran harmonis.
2. Guru
menjawab pertanyaan siswa.
3. Guru
membimbing siswa merumuskan masalah penelitian berdasarkan kejadian dan
fenomena yang disajikan.
4. Siswa
merumuskan hasil penelitian melalui bertanya berdasarkan kejadian dan
fenomena yang disajikan.
|
|
Fase
3
Mengajukan
hipotesis
|
5. Guiru
membimbing siswa untuk mengajukan hipotesis terhadap masalah yang telah
dirumuskannya.
|
|
Fase
4
Merencanakan
pemecahan masalah (melalui eksperimen atau cara lain)
|
Mengeksplorasi / Eksperimen :
1. Siswa
dibagi dalam beberapa kelompok untuk melakukan eksperimen dengan prosedur
pada LKS tentang gerak harmonis sederhana..
|
|
Fase
5
Melaksanakan
eksperimen (atau cara pemecahan masalah yang lain)
|
2. Guru
membimbing siswa untuk merencanakan pemecahan masalah, membantu menyiapkan
alat dan bahan yang diperlukan dan menyusun prosedur kerja yang tepat.
3. Guru
menilai sikap peserta didik dalam eksperimen secara kelompok tentang bagaiman
menggunakan alat, kinerja dan membimbing/menilai keterampilan ilmiah,
keterampilan berpikirdan bekerjasama dalam kelompok.
4. Guru
membimbing dan memfasilitasi siswa selama eksperimen berlangsung.
|
|
Fase
6
Melakukan pengamatan
dan pengumpulandata
|
5. Guru
membantu kelompok siswa melakukan pengamatan tentang hal-hal yang penting dan
membantu mengumpulkan dan mengorganisasi data.
|
|
Fase
7
Analisis
data
|
6. Guru
membantu siswa menganalisis data supaya menemukan sustu konsep.
7. Siswa
secara berkelompok mendiskusikan hasil percobaan dan merumuskan kesimpulan.
8. Guru
menilai kemampuan siswa mengolah data dan merumuskan kesimpulan.
|
|
Fase
8
Penarikan
kesimpulan dan penemuan
|
Mengkomunikasikan :
1. Guru
membimbing siswa mengambil kesimpulan berdasarkan data dan menemukan sendiri
konsep yang ingin ditanamkan.
2. Guru
menunjuk salah satu siswa dari perwakilan kelompok mempresentasikan hasil
eksperimen.
3. Guru
memberikan masukan dan penguatan materi terhadap hasil yang didapatkan serta
guru menilai kemampuan siswa berkomunikasi lisan.
|
|
Pentutup
1. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat kesimpulan pembelajaran.
2. Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
3. Guru
menginformasikan materi yang akan dipelajari selanjutnya.
4. Menutup
pertemuan dengan salam.
|
15
menit
|
Pertemuan
Kedua : Periode dan Frekuensi Gerak Harmonis Sederhana
Fase
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu
|
Fase 1
Menyajikan Pertanyaan
atau masalah
|
Pendahuluan
1. Mengucapkan
salam pembuka dan menanyakan kabar siswa
2. Guru
meminta perwakilan memimpin doa
3. Guru
memeriksa kehadiran siswa
4. Guru
mengumpulkanugas pada pertemuan sebelumnya (jika ada)
5. Motivasi
dan apersepsi
-
Guru
mengingatkan kembali mengenai materi yang telah dipelajari minggu lalu
6. Guru
mengajukan pertanyaan terkait dengan materi
yang dilakukan:
-
Apakah
kalian pernah melihat benda yang bergetar dalam kehidupan sehari-hari?
-
Apa
saja contoh benda yang bergetar.
7. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran tentang fluida dinamik.
|
15
menit
|
Fase
1
Observasi
untuk menemukan masalah
|
Kegiatan
Inti
Mengamati:
3. Guru
menyajikan fenomena-fenomena yang terkait dengan getaran harmonis.
4. Siswa
menanggapi yang demonstrasi disajikan guru
|
60
menit
|
Fase 2
Merumuskan masalah
|
Menanya :
6. Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya setelah mengamati
demonstrasi getaran harmonis.
7. Guru
menjawab pertanyaan siswa.
8. Guru
membimbing siswa merumuskan masalah penelitian berdasarkan kejadian dan
fenomena yang disajikan.
9. Siswa
merumuskan hasil penelitian melalui bertanya berdasarkan kejadian dan
fenomena yang disajikan.
|
|
Fase
3
Mengajukan
hipotesis
|
10. Guiru
membimbing siswa untuk mengajukan hipotesis terhadap masalah yang telah
dirumuskannya.
|
|
Fase
4
Merencanakan
pemecahan masalah (melalui eksperimen atau cara lain)
|
Mengeksplorasi / Eksperimen :
9. Siswa
dibagi dalam beberapa kelompok untuk melakukan eksperimen dengan prosedur
pada LKS tentang gerak harmonis sederhana..
|
|
Fase
5
Melaksanakan
eksperimen (atau cara pemecahan masalah yang lain)
|
10. Guru
membimbing siswa untuk merencanakan pemecahan masalah, membantu menyiapkan
alat dan bahan yang diperlukan dan menyusun prosedur kerja yang tepat.
11. Guru
menilai sikap peserta didik dalam eksperimen secara kelompok tentang bagaiman
menggunakan alat, kinerja dan membimbing/menilai keterampilan ilmiah,
keterampilan berpikirdan bekerjasama dalam kelompok.
12. Guru
membimbing dan memfasilitasi siswa selama eksperimen berlangsung.
|
|
Fase
6
Melakukan pengamatan
dan pengumpulandata
|
13. Guru
membantu kelompok siswa melakukan pengamatan tentang hal-hal yang penting dan
membantu mengumpulkan dan mengorganisasi data.
|
|
Fase
7
Analisis
data
|
14. Guru
membantu siswa menganalisis data supaya menemukan sustu konsep.
15. Siswa
secara berkelompok mendiskusikan hasil percobaan dan merumuskan kesimpulan.
16. Guru
menilai kemampuan siswa mengolah data dan merumuskan kesimpulan.
|
|
Fase
8
Penarikan
kesimpulan dan penemuan
|
Mengkomunikasikan :
4. Guru
membimbing siswa mengambil kesimpulan berdasarkan data dan menemukan sendiri
konsep yang ingin ditanamkan.
5. Guru
menunjuk salah satu siswa dari perwakilan kelompok mempresentasikan hasil
eksperimen.
6. Guru
memberikan masukan dan penguatan materi terhadap hasil yang didapatkan serta
guru menilai kemampuan siswa berkomunikasi lisan.
|
|
Pentutup
5. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat kesimpulan pembelajaran.
6. Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
7. Guru
menginformasikan materi yang akan dipelajari selanjutnya.
8. Menutup
pertemuan dengan salam.
|
15
menit
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar